Senin, 01 Mei 2017

Seputar kue semprong

Semprong adalah jenis makanan tradisional yang biasa menjadi hidangan setiap acara hajatan yang digelar masyarakat di pedesaan. Dan tidak sulit untuk mendapatkan camilan ini. Hampir bisa dipastikan semua pedagang panganan di pasar-pasar tradisional menyediakan kue ini.
Kue yang asik dinikmati saat santai sembari ngobrol-ngobrol dengan teman ataupun keluarga ini, ternyata memiliki keunggulan yang menjadi nilai jual tersendiri. Yakni rasa manisnya benar-benar berasal dari gula pasir, bukan obat gula. Sedangkan renyahnya tercipta dari proses pembakaran alamiah yang tetap dipertahankan para pembuatnya.


Proses pembakarannya tidak menggunakan oven, tapi panasnya dihasilkan dari arang kayu yang dibarakan menggunakan kipas angin. Jadi rasanya khas, dan berbeda jika di panggang menggunakan oven.
Harga kue semprong juga bervariasi tergantung jenisnya. Yang paling mahal jenis semprong wijen harganya Rp 40.000 per kg, semprong biasa Rp 30.000 per kg, dan semprong lempit Rp 35.000 per kg.

Usaha ini termasuk salah satu peliang usaha dengan modal tidak terlalu besar. Mengingat proses pembuatannya yang sederhana, bagi anda yang berminat mengembangkan bisnis ini, yang paling penting adalah keuletan dan ketekunan. Siapa tahu dari tangan anda, bisa menghasilkan semprong dengan bentuk dan sajian yang bukan lagi hanya sekedar camilan tradisional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Membuat Kue Semprong Wijen Gurih Renyah

Saat santai atau sambil nonton channel kesayangan anda, tak lengkap memang kalau hanya sekedar menonton saja tanpa ditemani cemilan. Rasany...