Senin, 01 Mei 2017

Pentingnya Makanan Cemilan bagi Tubuh

Jangan remehkan kudapan, snack ataupun cemilan. Walaupun terlihat sepele, cemilan yang dikonsumsi saat waktu luang atau sambil menunggu waktu makan siang atau makan malam bisa bermanfaat atau bahkan bisa merugikan, terutama bagi mereka yang memiliki gangguan kesehatan. Oleh karena itu, mengontrol jenis dan kuantitas cemilan sangat dibutuhkan agar tidak memberikan pengaruh negatif bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Apa saja pentingnya makanan cemilan bagi tubuh?

o    Alternatif. Cemilan tinggi karbohidrat atau zat gula yang dikonsumsi antara makan siang dan makan malam dapat digunakan sebagai alternatif pengganti sumber energi yang dibutuhkan tubuh ketika melakukan aktifitas fisik yang berat. Namun demikian, bagi mereka yang memiliki aktifitas fisik yang tiak terlalu berat, konsumsi cemilan tinggi gula ataupun karbohidrat justru berpotensi memperbesar resiko obesitas ataupun overweight.
o    Menjaga keseimbangan hormonal. Keseimbangan hormonal tubuh dapat terganggu apabila cadangan glukosa dalam hati yang berasal dari asupan makanan saat pagi dan siang hari sudah habis digunakan untuk aktifitas pada hari tersebut. Cemilan berguna untuk menyeimbangkan kembali kondisi hormonal alam tubuh. Pada kondisi ini, jenis cemilan yang cocok antara lain cemilan yang terbuat dari buah-buahan seperti yoghurt, juice buah ataupun smoothies.
o    Kontrol diabetes. Bagi penderita diabetes, penurunan kadar gula dalam tubuh yang secara tiba-tiba juga dapat membahayakan gangguan kesehatan, seperti timbulnya pusing, tubuh gemetar atau tremor serta hypnea atau sesak nafas. Untuk menaikkan kembali kadar gula dalam darah diperlukan cemilan sehat dengan kandungan karbohidrat tertentu.
o    Serat makanan. Cemilan buatan sendiri yang terbuat dari olahan buah-buahan seperti sup buah, juice ataupun smoothies yang dikombinasikan dengan yoghurt rendah lemak bermanfaat untuk menambah asupan serat makanan, sehingga kesehatan organ-organ pencernaan tetap terjaga.
Demikianlah beberapa kegunaan dan manfaat pentingnya makanan cemilan bagi tubuh. Akan lebih baik jika kuantitas konsumsi cemilan juga tetap dijaga agar tidak menimbulkan permasalahan gangguan kesehatan. Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Membuat Kue Semprong Wijen Gurih Renyah

Saat santai atau sambil nonton channel kesayangan anda, tak lengkap memang kalau hanya sekedar menonton saja tanpa ditemani cemilan. Rasany...